Coba klik ...!!

Senin, 29 Maret 2010

Menghadapi Pelaku adu Domba

NAMIMAH = ADU DOMBA

Baik langsung ataupun secara tidak langsung, dengan menyebarkan berita,gosip yang bisa membuat seseorang teradu untuk bertengkar , untuk bermusuhan termasuk perbuatan Maksiat,
Seperti dlm Firman Allah SWT : "Yang banyak mencela, yang kesana - sini melakukan adu domba"( Al-Qalam 68 : 12 )

Bagaimanakah kita menghadapi orang yang melakukan adu domba ini :

TIDAK MENERIMA KABARNYA

Kita tidak boleh menerima kabar berita yang di bawa seorang nammam (pelaku namimah),karena mereka termasuk orang - oraang yang fasik.Sedangkan kabar orang tidak diterima,Al-Ahzab 49 : 6 "Jika mendatangi kalian orang fasik dengan membawa berita, maka lakukanlah tabayun".


MENASEHATINYA

Beritahu dengan baik - baik bahwa yang di lakukannya itu sangat tidak baik, dan ajaklah kepada kebaikan.


MEMBENCI KARENA ALLAH

Perbuatan namimah/adu domba sangat di benci Allah, maka selayaknyalah kita juga ikut membencinya , walaupun itu di lakukan oleh sahabat kita sendiri, yang kita benci adalah perbuatannya.Membenci apa yang di benci Allah adalah Wajib.


BERPRASANGKA BAIK

Selalu posItif thinking bahwa berita yg mengadu domba itu tidak benar, sebelum kita mengetahuinya sendiri dengan sejelas - jelasnya.
Al-Hujurat 49 :12 "...jauhilah banyak prasangka...".


TIDAK MELAKUKAN TAJASUS

Orang yang mendapat kabar dari pihak tertentu bahwa pihak lain mengatakan tentang dirinya sesuatu yang ia benci , hendaklah tidak melakukan Tajasus atau penyelidikan ,tidak perlu menyelidiki berita yang katanya si itu...dan di si itu.
Al-Hujurat 49 : 12 "Dan janganlah kalian memata - matai".


TIDAK MENCERITAKAN

Tidak perlu menceritakan ke orang lain seandainya kita menjadi korban namimah, karena menceritakannya berarti kita membicarakan keburukan si pelaku namimah, ini di sebut Ghibah , dan itu di larang dalam Islam.

Semoga kita tidak menjadi pelaku namimah dan tidak menjadi korban namimah, semoga kita selalu menjadi orang - orang yang bertaqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar